Lagi, Angin Puting Beliung Terjang Rumah Warga di Sumenep

  • Whatsapp
BPBD Kabupaten Sumenep saat mendatangi lokasi yang tertimpa angin puting beliung.

Sumenep, portalpublik.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur telah menerima 13 laporan kejadian bencana angin puting beliung. Belasan laporan tersebut akumulasi sejak masa pancaroba hingga musim penghujan tahun ini.

“Kalau kejadiannya sudah 13 laporan, artinya da 13 lokasi. Itu kejadiannya ya bukan jumlah kerugian atau yang terdampak,” kata Kepala BPBD Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi, Senin, 4 Januari 2021.

Bacaan Lainnya

Rahman menyebutkan, belasan kejadian puting beliung tersebar pada sejumlah kecamatan, diantaranya Kalianget, Pasongsongan, Ambunten, Rubaru dan Lenteng.

“Ini terjadi di daerah yang menjadi langganan. Memang untuk saat ini masyarakat harus lebih meningkatkan kewaspadaan,” paparnya.

Lanjut dia, kejadian angin puting beliung sejauh ini tidak berimbas fatal. Kerusakan bangunan yang disebabkan puting beliung masih dalam kategori rusak ringan hingga sedang.

Kasus terbaru bencana angin puting beliung terjadi di Desa Karanganyar, Kecamatan Kalianget pada 3 Januari 2021.

“Yang terjadi kemarin ada sekitar 27 rumah dan 1 mushola. Kerusakan atapnya. Rusak ringan. Kalau korban tidak ada,” ucap Rahman, (Yd/Hem/Fa).