Majukan UMKM, Pemkab Pamekasan Jalin Kemitraan dengan PMA dan PMDN

  • Whatsapp
Sekdakab Pamekasan, Totok Hartono saat memimpin langsung penandatangan kerja sama secara virtual di ruang peringgitan dalam Mandhepah Agung Ronggosukowati.

Pamekasan, portalpublik.id – Pemkab Pamekasan menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDM) untuk memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Penandatanganan tersebut dipimpin langsung oleh Sekdakab Pamekasan, Totok Hartono, secara virtual di ruang peringgitan dalam Mandhepah Agung Ronggosukowati, Senin (18/1/2021), serta disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dari Istana Kepresidenan.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan inisiasi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), agar UMKM yang tersebar di Indonesia bisa maju,” tutur Totok Hartono.

Menurut Totok, kontrak kerjasama senilai Rp 1,5 triliun itu melibatkan 56 perusahaan besar, dari 29 perusahaan luar negeri dan 27 lainnya dengan 196 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Teknis kemitraannya sudah diatur oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Usai penandatanganan, pihaknya berharap OPD terkait bisa bergerak aktif dan lebih serius untuk terus meningkatkan kualitas UMKM lokal.

“Harapan kepada pelaku UMKM yang pertama kan harus serius, ulet dan penuh kesabaran. Dan tidak lupa yang paling utama harus berinovasi, baik dari sisi produk maupun kemasan karena ini persaingan-persaingan ketat kan,” harap Totok,(Adv/ Evita/Red).