Masa Pancaroba, Masyarakat Madura Harus Waspada Puting Beliung

  • Whatsapp
Fenomena Alam Puting Beliung

Sumenep, portalpublik.id – Bulan April 2020 menjadi masa pancaroba atau peralihan dari musim penghujan ke kemarau untuk wilayah Madura, Jawa Timur.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget Sumenep, Usman Khalid mengungkapkan, pada masa pancaroba ini masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem.

Read More

” Ini sekarang kita berada di masa peralihan namun bukan berarti tidak ada hujan. Yang jelas sekarang ini kita berada di masa transisi ” kata Usman Khalid, Senin (6/4/2020).

Lanjut Usman Khalid, potensi cuaca ekstrem di wilayah Madura yang kemungkinan besar terjadi ialah angin puting beliung, hujan lebat dan angin kencang.

Meski potensi cuaca buruk ini cukup terbuka lebar, namun kondisi tersebut merupakan fenomena alam biasa bukan disebabkan faktor pemicu lainnya.

” Jadi yang perlu di waspadai sekarang ini cuaca ekstrim salah satunya itu seperti puting beliung ” ungkapnya.

Usman Khalid menyebutkan, pada wilayah Madura untuk awal musim kemarau diperkirakan terjadi mulai bulan Mei 2020. Sementara puncaknya akan terjadi di bulan Agustus dan September, (Yd/Hem/Fa)