Pamkab Pamekasan Upayakan Batik Lokal Go Internasional

  • Whatsapp
Bupati Pamekasan, Baddrut tamam bersama Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak, Ketua Dekranasda Kabupaten Pamekasan, Nayla Baddrut Tamam, Putri Indonesia tahun 2020, Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jatim, desainer saat launching Batik Toket Go International.

Pamekasan, portalpublik.id – Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, secara resmi melaunching Batik Toket untuk Go Internasional di ruang auditorium Hotel Front One Pamekasan, Sabtu (27/03/2021).

Acara tersebut juga dihadiri Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak, Ketua Dekranasda Kabupaten Pamekasan, Nayla Baddrut Tamam, Putri Indonesia tahun 2020, Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jatim, desainer dan para tamu undangan.

Read More

Selain acara launching, pada kesempatan itu dilaksanakan pagelaran Busana Batik dan Pameran Batik Toket yang berkolaborasi dengan Kelompok Usaha Bersama Pamekasan Hebat Toket (Pahe Toket).

“Alhamdulillah, Putri Indonesia barusan sudah memperagakan dan sudah memakai Batik Toket. Ini luar biasa cantik, dan karena batik yang dibuat khusus nantinya akan dipromosikan dan dibawa ke ajang Miss Universe di Amerika Serikat,” kata Baddrut Tamam, Sabtu (27/3/2021).

Baddrut Tamam menjelaskan, batik tulis Pamekasan merupakan batik yang mempunyai kualitas baik dan membuat pemakainya bahagia.

Dalam kesempatan ini bupati mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama kepada ketua Dekranasda Jatim dan yayasan Putri Indonesia.

“Kita doakan, Mudah-mudahan mbak Ayu (Putri Indonesia) bisa memenangkan ajang bergengsi di tingkat dunia. Doa kita selalu menyertai langkah mbak Ayu dan mudah-mudahan membawa Jatim, membawa Indonesia ke ajang internasional ini bisa menuai sukses yang luar biasa,” Ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara yang diprakarsai oleh KUB Pahe Toket dan Pemkab Pamekasan.

“Ini membuktikan bahwa prioritas membangkitkan ekonomi kembali khususnya di Pamekasan yang dikenal dengan nama “Jatim Bangkit 2021″ yang diwujudkan melalui Desa Toket dengan seluruh pengrajinnya ini hebat sekali karena tergabung dalam sebuah KUB yang saya yakin ketika bersama pasti akan lebih kuat,” ucap Arumi.

Menurutnya, dengan program Desa Tematik yang dicanangkan oleh Bupati Pamekasan sangatlah strategis dalam menampilkan keunggulan sebuah desa seperti Desa Toket dengan batiknya.

“Dengan strategi yang seperti ini yang langsung mengena bisa membawa hasil dan mengantarkan masyarakat khususnya di perekonomian yang lebih sejahtera,” imbuhnya.

Apresiasi terhadap Batik Toket juga disampaikan oleh Putri Indonesia tahun 2020, Ayu Maulida Putri. Ia mengatakan sangat senang bisa hadir dalam acara tersebut lantaran sebagai warga Jatim bisa pulang kampung dan membawa kesuksesan Jatim khususnya Batik dari Pamekasan.

“Batik merupakan salah satu kejayaan Indonesia dan Pamekasan sangat terkenal dengan Batik Toket-nya serta punya pasar Batik tulis terbesar di Asia Tenggara,” ungkap Ayu.

Lebih lanjut ia mengatakan jika melestarikan dan menginspirasi merupakan tugasnya sebagai putri Indonesia kepada masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

“Disini saya sangat senang sekali bisa menjadi bagian dalam acara launching hari ini, semoga kedepannya tugas saya sebagai Putri Indonesia untuk melestarikan dan menginspirasi seluruh wanita yang ada Indonesia. Dan tentunya juga sebagai Putri Indonesia akan berangkat mewakili Indonesia ke ajang Miss Universe bisa membawa nama harum Indonesia dan membawa nama Batik Toket Go Internasional,” pungkasnya. (Adv Efita)