Pandemi Covid-19 Tak Gugurkan Perusahaan Bayar THR

  • Whatsapp
Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sumenep, Madura.

Sumenep, portalpublik.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengingatkan, meski sekarang pandemi Covid-19 hal itu tidak menggugurkan kewajiban perusahaan membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran kepada karyawannya.

“Pembayaran THR harus tetap dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016,” kata Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnaker Kabupaten Sumenep Kamarul Alam, Senin (4/5/2020).

Read More

Lanjut Kamarul Alam, untuk di Kabupaten Sumenep pihaknya segera melayangkan surat edaran kepada seluruh perusahaan berkaitan dengan pembayaran THR Lebaran.

Dengan surat edaran itu sehingga tidak ada kesimpangsiuran informasi mengenai ada tidaknya THR ditengah pandemi Covid-19.

“Pemerintah Pusat juga telah menyampaikan bahwa THR itu harus diberikan tujuh hari sebelum lebaran. Jadi pandemi Corona tidak mempengaruhi itu,” tegasnya.

Mengacu terhadap aturan, pekerja atau buruh yang bermasa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih maka mendapat THR sebesar satu bulan upah.

Sedangkan yang bermasa kerja minimal 1 bulan secara terus-menerus tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan THR secara proporsional, dengan menghitung jumlah masa kerja dibagi 12 bulan dikali satu bulan upah, (Yd/Hem/Fa).