Peduli Dampak Covid-19, KKP Ajak Nelayan di Sumenep Galakkan Gemar Makan Ikan

  • Whatsapp
Aksi Sosial yang dilakukan oleh Pejabat dan Pagawai Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sumenep, portalpublik.id – Gerakan sosial yang dikemas dalam Semarak Makan Ikan oleh Pejabat dan Pagawai Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia terus dilakukan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Jika sebelumnya kegiatan serupa dilakukan di kawasan Kota Sumenep, Kamis 7 Mei 2020, kali ini aksi sosial tersebut menyasar para nelayan di Desa Karanganyar, Kecamatan Kalianget, Jum’at, (8/5/2020).

Read More

Aksi sosial ditengah pandemi Covid-19 ini disambut baik oleh masyarakat penerima, salah satunya Sukmu. Ia mengaku program Semarak Makan Ikan penting dilakukan.

“Program semacam ini memang perlu diramaikan sehingga masyarakat dapat sadar akan pentingnya makan ikan dan mereka dapat terkurangi bebannya ditengah pandemi Corona ini,” kata Sukmu, salah seorang nelayan setempat.

Pemuda yang juga aktif di kelompok nelayan tersebut menilai bahwa kegiatan semacam ini perlu juga menjadi program pemerintah. Selain menjadikan masyarakat sehat dengan gemar makan ikan juga dapat membantu perekonomian nelayan.

 

“Selain dapat meringankan beban masyarakat ditengah ketakutan pada masa pendemi Corona, program ini juga dapat membantu masyarakat memahami pentingnya makan ikan dan nelayan juga tertolong,” ungkapnya.

Ditempat yang sama perwakilan KKP Amiril Mukminin menyatakan, kegiatan yang dilakukan ini bentuk kepedulian dan buah pemikiran Menteri KKP Edhy Prabowo dalam mengajak semua lapisan masyarakat gemar makan ikan.

“Walaupun para nelayan sudah bersentuhan langsung dengan ikan, tapi tidak sedikit dari mereka yang tidak sadar akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Apalagi jika dikaitkan dengan harga ikan yang tergolong mahal” ucap pria yang juga sebagai Pengurus BPP HIPMI ini.

Lanjut Amiril, pihaknya kagum dengan antusias warga Desa Karanganyar terhadap program tersebut dan berharap dapat dilanjutkan secara mandiri oleh masyarakat.

Sementara Ketua Umum HMI Cabang Sumenep Syaihol Hadi menyebutkan, ditengah pandemi Covid-19 nelayan merupakan salah satu pahlawan dalam sektor ekonomi. Sehingga perlu mendapat bantuan.

“Sasaran nelayan memang sangat tepat karena hakikatnya merekalah yang menjadi pahlawan pada masa covid-19 ini, tentunya pada sektor ekonomi. Entah bagaimana nasib bangsa jika mereka berhenti berlayar,” jelas Syaihol Hadi.

Disisi lain Direktur Kebun Rato Group Urip Prayitno yang juga turut hadir dalam aksi sosial itu menilai pemerintah harus lebih peka kepada nelayan terutama pada masa adanya wabah virus Corona seperti sekarang ini.

“Harus ada perhatian khusus untuk para nelayan pada masa Covid-19 ini karena ditengah ketakutannya mereka tetap berlayar untuk terpenuhinya kestabilan ekonomi dan pangan,” singkatnya.

Aksi sosial yang dilakukan oleh KKP beserta sejumlah pihak di Desa Karanganyar dimulai sejak Pukul 15.45 WIB.

Pantauan portalpublik.id dilapangan, masyarakat penerima bantuan sangat antusias dan mengikuti setiap anjuran agar gemar makan ikan.

Dalam kegiatan ini diberlakukan jaga jarak antar penerima bantuan sebagai salah satu bagian menghindari penyebaran virus Corona di Kabupaten Sumenep, (Yd/Hem/Fa).