Pelantikan Puluhan Kades Terpilih di Sumenep Digelar Dua Sesi

  • Whatsapp
Pelantikan puluhan kades terpilih di Sumenep

Sumenep, portalpublik: Bupati Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Achmad Fauzi resmi melantik 88 kepala desa (Kades) terpilih pada Pilkades serentak tahun 2021, Kamis (16/12/2021).

Pelantikan yang ditempatkan di Pendopo Agung Keraton Sumenep ini dilakukan menjadi dua tahap. Pertama dilakukan pukul 09.00 Wib terhadap 42 kepala desa dan 46 kepala desa dilantik pada pukul 12.00 Wib.

Bacaan Lainnya

Achmad Fauzi dalam sambutannya mengatakan, jabatan kepala desa merupakan amanah yang harus dilaksanakan penuh tanggung jawab. Untuk itu kepala desa harus bertugas menyelenggarakan pemerintahan desa, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dengan baik.

“Perlu saya sampaikan Pilkades serentak berjalan lancar dan sukses. Ini merupakan prestasi yang perlu dipertahankan dimasa mendatang,” kata Achmad Fauzi dalam sambutannya, Kamis (16/12/2021).

Fauzi menyebutkan, untuk membangun desa lebih baik kepala desa harus terus berkoordinasi dengan dinas terkait mengenai dengan kebijakan strategis apa yang akan diambil agar tidak melanggar hukum.

“Kebijakan yang akan diambil kepala desa harus mengedepankan kepentingan masyarakat jangan berdasarkan keinginan pribadi. Apapun yang berkaitan dengan desa itu sepenuhnya harus diperhatikan guna mampu melayani masyarakatnya sebaik-baiknya,” imbau Bupati Sumenep.

Lebih lanjut ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah menyukseskan semua tahapan serta pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021.

“Atas nama Pemerintah Kabupaen Sumenep saya mangucapkan terima kasih. Berkat keterlibatan semua pihak Pilkades serentak berjalan sukses dan lancar,” ucap Fauzi.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli menjelaskan, pelantikan dilakukan menjadi dua sesi karena memperhatikan situasi masa pandemi Covid-19.

“Kenapa dilakukan dua sesi agar tidak terjadi kerumunan selain itu untuk menghindari adanya resiko penyebaran virus corona. Tidak ada hal lain,” terang Moh. Ramli usai pelantikan puluhan kepala desa.

Pihaknya juga mengimbau kepala desa untuk tidak mengerahkan massa melakukan konvoi sebagai perayaan pasca pelantikan. Semua pihak harus mengedepankan upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Semua pelaksanaan tahapan Pilkades serentak berjalan lancar kita berharap juga semuanya tidak merayakan secara berlebihan karena sekarang masih pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah kepala desa terpilih yang dilantik hari ini sebanyak 88 orang yang terdiri dari 84 hasil Pilkades serentak dan 4 orang hasil Pilkades Antar Waktu (PAW). (Yd/Hem)