Pemkab Minta Menhub Dukung Pembenahan Infrastruktur Transportasi di Sumenep

  • Whatsapp
Pemkab Sumenep bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi

Sumenep – Kamis (5/12/2019), Portalpublik.id –¬†Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep terus berupaya meningkatkan kualitas sarana dan prasarana transportasi ke kepulauan.

Terdapat dua sarana transportasi yang membutuhkan dukungan dan dorongan dari Pemerintah Pusat yaitu pembangunan dermaga pelabuhan Kalianget dan Bandara Kecamatan/Kepulauan Masalembu.

Bacaan Lainnya

Agar langkah tersebut mencapai maksimal Bupati Kabupaten Sumenep Busyro Karim melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Menteri Perhubungan (Mengub) RI Budi Karya Sumadi.

“Dengan pembangunan dan perbaikan dermaga Kalianget mampu menjadi motor untuk menggerakkan perekonomian yang memudahkan kapal ukuran besar seperti kapal pesiar bersandar di pelabuhan,” tutur Busyro Karim usai pertemuannya dengan Menteri Perhubungan RI di Jakarta, Rabu (04/12/2019) malam.

Bupati optimis dengan pembangunan dermaga itu bisa meningkatkan kedatangan wisatawan manca negara melalui jakur laut yang setiap tahun berkunjung ke Kabupaten Sumenep.

“Dermaga ini penting untuk diperbaiki mengingat sekarang kondisinya sudah banyak rusak. Ini juga agar kapal pesiar bisa merapat. Dalam satu 1 tahun sebanyak 18 kapal,” ungkapnya.

Selain membahas mengenai pembangunan dan perbaikan dermaga, dalam pertemuan itu Pemkab Sumenep juga ingin Menhub mendukung pemanfaatan bandara di Masalembu milik PT. Elnusa.

“Kalau yang bandara itu Kementerian Perhubungan siap memfasilitasi dengan PT. Elnusa sebagai pemilik bandara. Bandara juga penting sebagai sarana transportasi udara masyarakat kepulauan,” imbuh Busyro Karim.

Pertemuan dengan Menhub, Bupati Kabupaten Sumenep didampingi sejumlah Pimpinan OPD di antaranya Kepala Bapedda Yayak Nurwahyudi dan Kepala Dinas Perhubungan Agustino Sulasno.