Pemkab Pamekasan Akan Bangun Kantor KIHT Bagi Pabrik Rokok Ilegal

  • Whatsapp
Kepala Disperindag Pamekasan, Achmad Syafiuddin.

Pamekasan, portalpublik.id – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, akan membangun Kantor Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) tahun ini.

Pembangunan KIHT ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) yang akan dibangun di Desa Gugul Kecamatan Tlanakan.

“Saya sekarang diberi tugas untuk pembangunan kantor KIHT di Kecamatan Tlanakan. KIHT itu pembangunan kawasan industry hasil tembakau di Desa Gugul sekarang tempatnya sudah ada kurang lebih 2,5 hektar,” kata Kepala Disperindag Pamekasan, Achmad Syafiuddin.

Menurutnya, pembangunan KIHT bertujuan untuk menarik pabrik-pabrik rokok lokal di Pamekasan khususnya yang illegal agar mendapat pembinaan.

“Jadi perusahaan rokok illegal kami usahakan masuk ke sana, kami beri pembinaan dan menjadi legal nanti. Proses perizinannya nanti dilengkapi disitu, dan itu bagian program Bapak Bupati Pamekasan Badrut Tamam, dan kami sudah melangkah untuk itu,” kata Achmad Syafiuddin.

Menurut Achmad Syafiuddin, kawasan itu dinyatakan sudah memenuhi syarat kelayakan, dan tahap pertama tahun 2021 ini akan dibangun pagar dan pemadatan saluran.

Hasil tembakau di Kabupaten Pamekasan sangat baik tetapi banyak yang tidak terserap pabrikan. Dengan KIHT, diharapkan perusahaan rokok tersebut berkembang besar lagi, dengan pembinaan dan difasilitasi oleh pemerintah, (Adv/Efita/Red).