Pemkab Pamekasan dan IDI Berkolaborasi Maksimalkan Pelayanan Kesehatan

  • Whatsapp
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam (kenakam kemeja putih) bersama IDI

Pamekasan, portalpublik.id – Pemerintah Kabupaten, Jawa Timur bersama Ikatan Dokter Indonesi (IDI) setempat terus sinergi meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat termasuk untuk hal konsultasi di tengah pandemi Covid-19.

Ketua IDI Cabang Pamekasan, dr. Tri Susandhi Juliarto mengatakan, pihaknya bersama pemerintah bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada semua lapisan masyarakat. Sebab pelayanan menjadi hal utama yang harus terus dilakukan dan ditingkatkan.

Bacaan Lainnya

Ditengah pandemi Covid-19 IDI memberikan pelayanan konsultasi gratis kepada masyarakat. Hal itu bahkan dapat dilakukan meski dari rumah karena pelayanan konsultasi dibuka secara daring.

“Ketika nanti masyarakat telepon untuk konsultasi kesehatannya, pihak dokter nantinya bisa memberi rekomendasi kepada masyarakat terkait tindakan yang dapat diambil atas penyakit yang dideritanya. Apakah harus dirujuk kepada fasilitas kesehatan (faskes) atau hanya memberikan resep obat yang wajib dikonsumsi, bahkan apa cukup dirawat di rumah saja,” kata dr. Tri Susandhi Juliarto, Rabu (4/8/2021).

Pihaknya menjelaskan, dengan pelayanan yang diberikan ini masyarakat tidak akan mengambil tindakan sendiri atas penyakit yang dideritanya. Namun akan sesuai dengan arahan medis hal itu tentu sesuai dari hasil konsultasi daring yang telah dilakukan.

“Kami siap bekerja sama dengan Pemkab dalam memutus penyebaran covid-19 ini, karena kita memang harus bersama-sama dalam masalah ini,” jelasnya.

Lanjut dr. Tri Susandhi Juliarto, memutus mata rantai penyebaran virus corona membutuhkan langkah masif, khususnya dalam ajakan kepada masyarakay patuh terhadao protokol kesehatan.

Langkah memasifkan sosialisasi protokol kesehatan menurutnya tidak hanya dilakukan oleh tenaga medis, dokter, dan pemerintah saja, namun harus ada peran serta dan semangat gotong royong dari seluruh lapisan masyarakat. Dengan begitu upaya mengentasan pandemi Covid-19 bisa tercapai dan kehidupan kembali normal.

“Apa yang Pemkab mau dalam masalah ini, kami siap melaksanakan. Beberapa dokter juga telah siap memberikan nomor telponnya agar masyarakat bisa konsultasi secara langsung,” ujarnya.

Sementara, Bupati Kabupaten Pamekasan, Baddrut Tamam mengapresiasi para dokter yang telah bekerja keras memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di tengah merebaknya virus corona.

“Tidak hanya dua nomor telpon saja, bisa sampai empat nomor telpon. Nanti dibagi harinya, misalnya kalau hari senin menghubungi dokter ini, demikian juga seterusnya,” tutur Baddrit Tamam.

Baddrut Tamam menambahkan, nomor telepon yang bisa diakses masyarakat nantinya akan disebar hingga tingkat kecamatan dan desa melalui banner yang dipasang di beberapa tempat strategis. Sehingga masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan pelayanan.

“Kami akan terus mendorong dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dalam memberikan edukasi tentang covid-19 kepada masyarakat bisa juga dilakukan dengan membuat video pendek dari dokter, sehingga masyarakat akan lebih percaya,” paparnya.

Diharapkan, dokter maupuntenaga medis secara luas tetap dapat memaksimalkan dan mempermudah pelayanan kesehat terhadap masyarakat ditengah pandemi Covid-19. (Adv/Efita/Yd)