Pemkab Pamekasan Gandeng KIM Sebar Informasi dan Sosialisasi Pemanfaatan DBHCHT

  • Whatsapp
Kantor Diskominfo Pamekasan

Pamekasan, portalpublik.id – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) melibatkan masyarakat dalam menjalankan fungsi informasi dan komunikasi.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menjadi salah satu organisasi yang digandeng Diskominfo untuk menyosialisasikan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada masyarakat luas.

Bacaan Lainnya

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kabupaten Pamekasan, Arif Rachmansyah mengatakan, dilibatkannya KIM sebagai bentuk sinergi dalam sosialisasi dan edukasi, serta pengawasan pelaksanaan berbagai program, salah satunya DBHCHT.

Dengan keterlibatam tersebut diharapka program-program yang dicanangkan melalui DBHCHT yang diterima Pemerintah Kabupaten Pamekasan pada 2021 efektif dan sesuai sasaran.

“Keberadaan KIM ini akan membantu pola penyebaran informasi terkait DBHCHT. Agar masyarakat bisa memahami bagaimana penggunaan DBHCHT,” kata Arif Rachmansyah kepada portalpublik.id, Kamis (15/7/2021).

Arif menilai, KIM mempunya peran penting sebagai wadah media informasi berbasis masyarakat dengan pola pengelolaan secara profesional. Disamping itu KIM juga sudah diakui oleh pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 38/2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintahan Provinsi, dan Pemerintahan Kabupaten/Kota.

Lanjut Arif, dalam Peraturan Menteri Kominfo RI Nomor 17/2009 tentang Diseminasi Informasi Nasional oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, juga diatur secara teknis keberadaan KIM. Juga dalam Peraturan Menteri Kominfo RI nomor 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.

“Sehingga peran KIM melalui media yang dikelola inilah yang nantinya akan turut menyebar informasi yang kredibel dan bertanggung jawab. Inilah yang menjadi pertimbangan kami, mengapa KIM perlu dilibatkan dalam menyosialisasikan pemanfaatan DBHCHT Pamekasan tahun 2021,” paparnya.

Berdasarkan data Diskominfo Kabupaten Pamekasan, ada 13 KIM yang dilibatkan dalam sosialisasi program DBHCHT. Diantaranya, KIM Kafe Warta, KIM Pamekasan Hebat, KIM Mawabeya, KIM Titanic, KIM Barokah, KIM Suka Maju, KIM Suka Makmur, KIM Bintang, KIM Sakera, KIM Kamboja, KIM Taman Bunga, KIM Perona dan KIM Loka. (Adv/Efita/Yd)