Penanganan Covid-19, Dinkes Sumenep Maksimalkan Strategi Hulu ke Hilir

  • Whatsapp
Kepala Dinkes Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono

Sumenep, portalpublik.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menerapkan sistem hulu ke hilir dalam percepatan penanganan dan pengendalian Covid-19.

Kepala Dinkes Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono menjelaskan, sistem hulu ke hilir dimaksud ialah keterlibatan semua unsur. Untuk percepatan penanganan di hulu yaitu dari tingkat Puskesmas ke bawah sedangkan hilir pelayanan di rumah sakit.

Read More

“Kita sudah melakukan langkah-langkah percepatan penanganan Covid-19 dari hulu ke hilir. Itu mulai dari Puskesmas ke bawah dan juga pelayanan di rumah sakit seperti di RSUD Sumenep maupun RSI,” kata Agus Mulyono, Rabu (23/9/2020).

Pelaksanaan dilapangan, lanjut Agus ialah berpedoman terdahap standar penanganan Covid-19. Dalam hal ini Dinkes terus melakukan pengawasan, pemantauan dan tracing.

“Pedoman yang dijadikan acuan adalah PMK 413 Tahun 2020 tentang pencegahan dan pengendalian Covid-19. Kita akan terus bekerja maksimal agar corona ini bisa terkendali,” jelasnya.

Selain memaksimalkan percepatan penanganan dan pengendalian Covid-19 oleh Dinkes, pihaknya juga terus mengajak masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan.

Menurutnya kunci utama memutus mata rantai virus corona ialah disiplin dan kesadaran untuk patuh terhadap setiap aturan.

“Kita sudah berupaya maksimal dalam penanganan. Masyarakat dan semua pihak juga harus saling mengingatkan bagaimana protokol kesehatan dilaksanakan,” ajak Kepala Dinkes Kabupaten Sumenep, (Yd/Hem/Fa).