Pertengahan Juli 2019, Pendaftaran Kades di 11 Desa di Kota Batu Dimulai

  • Whatsapp
Punjul Santoso, Wakil Walikota Batu.

KOTA BATU, portalpublik.id – Kepada warga kota Batu dan sekitarnya yang hendak mendaftarkan diri menjadi Calon Kepala Desa (Kades) di 11 Desa di Kota Batu harap bersiap-siap diri mempersiapkan persyaraatan administrasi yang telah ditentukan oleh Panitia Pemilihan kepala desa (Pilkades), pasalnya pertengahan Juli 2019 ini Pemkot Batu membuka pendaftaran baru Calon Kades.

Suparman Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Junrejo saat ditemui di kantornya, Rabu (3/7/2019) mengatakan bahwa Pilkades serentak di Kota Batu akan diikuti 11desa, sementara di Kecamatan Junrejo dikuti tiga Desa yakni Desa Junrejo, Desa Beji dan Desa Torongrejo dan pelaksanaanya akan digelar Oktober 2 019.

Bacaan Lainnya

“Sedang tahapan Pilkades akan segera dimulai, bisa juga minggu-minggu ini, kita masih menunggu juklak dan juknisnya, bagian pemerintahan Pemkot Batu segera menyusukn Surat keputusan (SK) atau Peraturan Walikota (Perwali) terkait dengan pilkades serentak,” ujar Suparman.

Menurutnya, Pilkades tahun ini berbeda dengan tahun -tahun sebelumnya, kalau dulu Kades hanya dibatasi menjabat dua kali tetapi sekarang Kades boleh mencalonkan diri kembali sebanyak tiga kali dengan masa kerja 18 tahun, selain itu warga diluar desa boleh mendaftrakan diri mencalonkan menjadi kepala desa asal yang bersangkutan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan memenuhi persyaratan yang ditentukan berdasarkan peraturan yang berlaku.

Sementara Itu Punjul Santoso Wakil Walikota Batu membenarkan jika pelaksanaan Pilkades serentak di 11 Desa di kota Batu pendaftarannya akan dimulai pertengahan Juli 2019. 11 Desa itu tersebar di tiga kecamatan yakni Junrejo tiga desa, Kecamatan Batu tiga Desa, dan kecamatan Bumiaji lima Desa.

“Saat ini masih masa penetapan peraturan untuk pelaksanaan Pilkades. Jadwalnya sudah keluar, nanti pendaftaran sudah bisa dimulai pada pertengahan Juli ini,” kata Punjul.

Menurutnya, setelah dibukanya pendaftaran baru, panitia selanjutnya melakukan seleksi administrasi, tes tulis, penyampaian visi misi, penetapan calon dan berikutnya adalah kampaye. Untuk kampanye hanya diberikan tiga hari saja, yaitu 23 September hingga 25 September 2019.

“Ya memang benar , Kades lama bisa mencalonkan kembali sebanyak tiga kali. Tetapi Kades yang masa jabatannya habis, harus memberi keterangan akhir jabatan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” jelas politikus PDIP ini.

11 desa yang akan mengikuti Pilkades serentak adalah Kecamatan Junrejo : Desa Junrejo, Beji dan torongrejo, Kecamatan Batu : Desa Sidomulyo, Desa Sumberejo dan Desa Oro-oro Ombo dan kecamatan Bumiaji adalah Desa Giripurno, Desa punten, Desa gunungsari, Desa Tulungrejo dan Desa Buiaji.(Aw)