Pilkada 2020, KPU Jatim Sediakan Bilik Khusus Tiap TPS

  • Whatsapp
Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur, Miftahur Rozak

Sumenep, portalpublik.id : Upaya mencegah penularan virus corona terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur. Penyelenggara pesta demokrasi ini tidak ingin 19 kabupaten/kota pelaksana Pilkada tahun 2020 di Jawa Timur menjadi klaster Covid-19.

Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur, Miftahur Rozak menyatakan, setiap tahapan Pilkada telah diterapkan protokol kesehatan.

Read More

“Kita tetap mengacu terhadap aturan yang berlaku berkaitan dengan protokol kesehatan. Semua KPU kabupaten/kota sudah kita lengkapi dengan APD,” kata Miftahur Rozak, Kamis (10/9/2020).

Diungkapkan, selain pada tahapan, protokol kesehatan ketat juga diberlakukan saat hari pencoblosan. KPU menyiapkan bilik khusus pada setiap TPS. Bilik dimaksud nantinya diperuntukkan bagi pemilih yang diketahui dengan suhu tubuh tinggi.

“Nanti pemilih akan diperiksa suhu tubuhnya. Kalau yang 37,3 derajat celcius kita arahkan ke bilik khusus. Kita maksimal dalam pencegahan corona,” sebut Rozak.

Ia menambahkan, untuk mencegah adanya kerumunan massa, pemilih untuk menyalurkan hal suara akan dilakukan secara terjadwal. Waktu pencoblosan akan diberitahukan dalam surat undangan.

“Dengan kondisi saat ini pada prinsipnya kita mengedepankan unsur-unsur kesehatan dan keselamatan,” tegasnya.

Sekedar diketahui, 19 kabupaten/kota di Jawa Timur akan menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2020, (Yd/Hem/Fa).