Pilkada 2020, KPU Sumenep Akan Terapkan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Syaifurrahman, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Sumenep

Sumenep, portalpublik.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep mulai melakukan penyusunan anggaran protokol kesehatan untuk Pilkada serentak 2020.

Protokol kesehatan dipersiapkan untuk pencegahan penyebaran virus Corona jika hingga akhir tahun atau pelaksanaan Pilkada serentak pandemi Covid-19 belum selesai.

Read More

Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Sumenep Syaifurrahman menyatakan, anggaran yang akan diperuntukkan dalam protokol kesehatan ialah pengalihan dari dana sosialisasi yang mengumpulkan masa.

“Ini bisa dikatakan yang pertama kita menggelar Pelkada ditengah pendemi virus Corona. Sekarang kita masih menyusun apa saya dibutuhkan dalam protokol kesehatan,” kata Syaifurrahman, Kamis (4/5/2020).

Menurut Syaifurrahman, penerapan protokol kesehatan tidak adanya saat pelaksanaan Pilkada melainkan mulai dari setiap tahapan.

“Anggaran kita akan melakukan revisi seperti yang tidak bisa dilakukan saat pandemi ini. Seperti sosialisasi dalam bentuk JJS (Jalan-jalan Sehat) kan sekarang tidak mungkin jadi akan dialihkan ke pengadaan APD,” terangnya.

Dalam penerapan protokol kesehatan nantinya akan dilakukan pada semua tingkatan penyelenggara. Mulai dari Desa hingga Kabupaten.

Sebelumnya, Pilkada serentak termasuk di Kabupaten Sumenep terjadwal 23 September 2020. Akibat pandemi virus Corona, hajatan demokrasi diundur pada 9 Desember 2020. Ini sesuai dengan kesepakatan Pemerintah, DPR dan lembaga penyelenggara pemilu, (Yd/Hem/Fa).