Pilkada Sumenep, Rekapitulasi Tingkat KPU, Kepulauan Dilakukan Secara Daring

  • Whatsapp
Rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pilbup Kabupaten Sumenep

Sumenep, portalpublik.id – Rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pilbup Kabupaten Sumenep tingkat KPU Sumenep mulai dilakukan, Rabu (16/12/2020).

Meski rekapitulasi dilaksanakan dari 27 kecamatan ada satu kecamatan yakni Sapeken yang prosesnya harus dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom.

Read More

“Kepulauan yang tidak bisa merapat kesini karena cuaca hanya Kecamatan Sapeken. Tidak ada transportasi yang beroperasi,” Komisioner KPU Kabupaten Sumenep, Rahbini, Rabu (16/12/2020).

Rahbini menjelaskan, awalnya pihaknta berencana mencarter kapal atau meminta bantuan helikopter milik Polri. Numum rencana dimaksud urung terlaksana.

“Kami melakukan koordinasi dengan Syahbandar dan berupaya mencari kapal carter namun tidak berani berlayar karena cuaca. Helikopter yang di BKO itu sudah kembali ke Jakarta,” paparnya.

Ia menyatakan, rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pilbup secara daring ini berdasarkan persetujuan Bawaslu dan saksi kedua pasangan calon.

Rekapitulasi hasil perolehan suara tidak dilakukan secara langsung bukan kali ini terjadi. Sebab pada Pemilu beberapa tahun lalu juga pernag terjadi.

“Kalau semasa saya ini yang pertama, namun kalau sebelum saya itu pernah juga kalau tidak keliru itu Kecamatan Masalembu namun bukan dengan zoom saat itu masih dengan sambungan telepon. Karena teknologi belum seperti sekarang,” ucap Rahbini.

Untuk diketahui, rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pilbup tingkap KPU Sumenep terjadwal dua hari. Yaitu tanggal 16-17 Desember 2020. (Yd/Hem/Fa)