PPKM Diperpanjang, Pilkades Serentak Sumenep Diundur 2 Bulan

  • Whatsapp
Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli

Sumenep, portalpublik.id – Pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur kembali ditunda hingga dua bulan kedepan.

“Berdasarkan Inmendagri Nomor 30 Tahun 2021 PPKM Sumenep posisinya di level 3, amanatnya menghindari kerumunan memang tidak menyebut Pilkdesa. Tapi tanggal 9 Agustus 2021 Kemendagri mengeluarkan surat edaran penundaan pelaksanaan Pilkades serentak dan PAW,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli, Selasa (10/8/2021).

Bacaan Lainnya

Lanjut Ramli, penundaan pelaksanaan Pilkades serentak dua bulan kedepan terhitung mulai 9 Agustus 2021 atau sesuai dengan Surat Edaran (SE) Mendagri per 9 Agustus 2021 tentang Penundaan Pilkades Serentak dan Pemilihan Antar Waktu (PAW).

“Berpedoman Inmendagri dan surat edaran dari Kemendagri tersebut Kabupaten Sumenep akan menunda,” jelasnya.

Meski ada penundaan, pihaknya memastikan semua hasil tahapan Pilkades serentak yang telah selesai dilaksanakan sebelumnya tetap sah. Karena untuk di Kabupaten Sumenep hanya tinggal proses pungut hitung suara dan pelantikan.

“Kalau yang hasil proses sebelumnya itu tetap sah, tidak ada perubahan. Jadi kita tinggal pelaksanaan Pilkadesnya saja,” tegas Ramli.

Pilkades serentak pada 86 desa di Kabupaten Sumenep sedianya dilaksanakan pada 8 Juli 2021 lalu. Namun  harus ditunda setelah adanya menerapkan PPKM. Sekarang penundaan pelaksanaan Pilkades serentak kembali dilakukan seiring diperpanjangnya PPKM. (Yd/Hem)