Praktisi Hukum Sumenep Kawal Tahapan Pilkades Bilis-Bilis

  • Whatsapp
Praktisi Hukum Sumenep, Zubairi

Sumenep, portalpublik.id – Praktisi Hukum Zubairi memastikan nilai akhir delapan bakal calon (Bacalon) Kades Bilis-Bilis, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur tidak berubah sesuai dengan aslinya.

Ia menjelaskan, bahwa setiap tahapan mulai seleksi awal hingga pelaksanaan ujian kepemimpinan yang telah diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep telah selesai diikuti dengan baik serta sesuai dengan prosedur.

Bacaan Lainnya

“Hasil tes tulis dan wawancara juga sudah diumumkan dan diberikan kepada masing panitia P2KD yang disaksikan oleh pihak kabupaten, BPD dan Tim Penguji dari Bangkalan,” kata Zubairi, Senin (21/6/2021)

Diketahui, Bacalon yang mengikuti kontestasi Pilkades Bilis-Bilis diantaranya H. Hasyim dengan poin 21,25, Moh. Yani 16,74, Hasani 14,92, Abdurrasyid 18,51, Darsono 19,475, Sajak 12,45, Moh. Ilyus 14,86 dan Saiful 13,12 poin.

“Hasil itu sudah finis. Karena poin dari pengalaman, ijazah dan umur juga sudah keluar,” lanjutnya.

Zubairi menambahkan, dengan lahirnya ketetapan itu, maka siapapun tidak berhak mengubah hasil penilaian. Sebab, hal itu telah berkekuatan hukum. Apabila diketahui terdapat perubahan atau ada yang berani mengubah, maka dirinya memastikan bisa dijerat dengan hukum pidana.

“Jadi tidak akan ada yang berani, karena arsip di Pemkab dan di Tim Penguji sudah ada, dan jika berani itu masuk pidana,” tegas Zubairi.

Sebelumnya, Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli menjelaskan, penilaian Bacalon meliputi empat hal. Yakni, 70% pada tiga kriteria yang meliputi bidang usia, pendidikan dan pengalaman. Sementara 30% lagi pada ujian tes tulis dan wawancara.

“Hasilnya sudah bisa diserahkan kepada panitia. Selanjutnya, nilai itu menjadi tanggung jawab panitia untuk diakumulasikan dengan nilai-nilai yang lain,” ucap Moh. Ramli.

Ia menegaskan bahwa nilai yang sudah diterima oleh panitia bisa langsung dipublikasikan sampai batas waktu penetapan masa penyaringan Bacalon Kades pada 22 Juni 2021.

“Bisa dipublikasikan sebab, Bupati sudah menetapkan pada tanggal 22 Juni,m ini,” pungkasnya. (Wd/Yd)