Rp 40 Triliun Sisa Dana Desa untuk Reborn Ekonomi Desa

  • Whatsapp
Abdul Halim Iskandar, Menteri DPDTT RI

Sumenep, portalpublik.id – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyebutkan masih ada Dana Desa sekitar Rp 40 triliun yang tersebar pada semua desa.

“Evaluasi terus kita lakukan. Sekarang masih ada dana sekitar Rp 40 triliun yang ada di desa-desa,” kata Abdul Halim Iskandar saat kunjungan ke Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

Puluhan triliun rupiah itu merupakan sisa dana setelah sebelumnya dimanfaatkan untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD), desa tanggap covid-19 dan program padat karya tunai.

Disebutkan, Dana Desa yang masih tersisa itu akan dimanfaatkan untuk penggerak ekonomi desa dengan pendekatan padat karya tunai dan pertimbuhan ekonomi desa.

“Rp 40 triliun ini akan gerakkan reborn ekonomi di desa untuk pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Menurut Abdul Halim Iskandar meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa penting dilakukan karena akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Hal yang saat ini perlu di dorong secara maksimal ialah melalui BUMDes.

“Pertumbuhan ekonomi desa ini melalui BUMDes. Jadi ada perputaran ekonomi di masyarakat desa,” lanjut Abdul Halim Iskandar, (Yd/Hem/Fa).