RSUD dr. H Moh Anwar Sumenep Jadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19

  • Whatsapp
Rumah Sakit Daerah Dr. H. Moh. Anwar

Sumenep, (30/03/2020) portalpublik.id -Dengah mewabahnya virus Corona atau Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Mohammad Anwar Kabupaten Sumenep ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan Covid-19.

Humas RSUD dr. H Mohammad Anwar Sumenep Arman Endika Putra menyatakan, penetapan tersebut diberlakukan sejak tanggal 30 Maret 2020 sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur.

Read More

” Mulai 30 Maret 2020 RSUD dr H Moh Anwar menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Madura ” kata Arman Endika Putra, Senin (30/3/2020).

Sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 berbagai langkah telah dilakukan salah satunya penambahan ruang isolasi. Jika sebelumnya disediakan 9 ruang isolasi sekarang ditambah lagi 8 ruangan.

” Tujuannya sebagai antisipasi adanya pasien yang perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut. Penambahan ruangan ini sebagai bentuk antisipasi saja ” paparnya.

Selain ruang isolasi penguatan pada semua penanganan juga dilakukan. Bahkan alat pelindung diri bagi tenaga medis juga perlu diimbangi.

” Kita harus siap semuanya. Jika sudah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan tentu kita nanti akan ada rapid test ” imbuhnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Sumenep juga telah menyiapkan gedung Islamic Center sebagai tempat penanganan pasien berkaitan dengan Covid-19.

Semua sarana prasarana telah disiapkan termasuk keberadaan tenaga medis yang akan menangani.

Untuk diketahui, 46 ODP di Kabupaten Sumenep sekarang terus dilakukan pengawasan secara maksimal. Dari puluhan ODP itu baru satu pasien yang mendapatkan perawatan di rumah sakit. Sedangkan sisanya karantina secara mandiri, (Yd).