Runtuhnya Konsol Beton dan Tembok Benangan Gedung Dinkes Jadi Sorotan Legislatif

  • Whatsapp
Runtuhnya konsol beton dan tembok benangan gedung Dinas Kesehatan Sumenep.

Sumenep, portalpublik.id – Konsol beton dan tembok benangan gedung Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, tiba-tiba runtuh.

Gedung dua lantai tersebut dibangun pada tahun 2014 lalu dengan anggaran sekitar Rp. 4,5 Miliar.

Read More

Runtuhnya konsol beton dan tembok benangan gedung Dinkes mendapatkan perhatian serius Ketua DPRD Kabupaten Sumenep Hamid Ali Munir.

“Kejadian ini tidak ada kaitannya dengan Dinas Kesehatan melainkan dengan rekanan yang mengerjakannya ” kata Hamid Ali Munir, Jumat (22/5/2020).

Ditegaskan, Pemerintah Daerah harus menjadikan runtuhnya sebagian gedung Dinkes ini koreksi terhadap kinerja rekanan yang membangun.

” Saya khawatir rekanan yang mengerjakan gedung tersebut sekarang menjadi mitra emasnya Pemerintah Daerah. Ini yang saya khawatirkan ” imbuhnya.

Ia menduga, material yang digunakan dalam membangun gedung Dinas Kesehatan tidak sesuai standar. Hal tersebut dilihat dari kualitas dan ketahanan bangunan.

Pemerintah Daerah harus tegas kepada pihak rekanan dengan tidak lagi dilibatkan dalam pembangunan gedung di Kabupaten Sumenep.

” Kita lihat kualitas proyek yang dilaksanakan pada tahun ini. Lihat itu bukan menggunakan pasir hitam, itu menggunakan pasir putih, pasir lokal ” tegasnya.

Hamid Ali Munir kembali mengingatkan, gedung Dinkes ini menjadi contoh nyata bahwa kedepan Pemerintah Daerah harus lebih selektif dalam menggunakan rekanan.

Pantauan portalpublik.id runtuhnya konsol beton dan tembok benangan runtuh gedung Dinkes mengakibatkan unit outdoor air conditioner (AC) rusak dan pipa AC penyambung dengan unit indoor juga terputus, (Yd/Hem/Fa).