Rutin Dilakukan, Begini Cara SKP Jalani Bulan Penuh Keberkahan

  • Whatsapp
Secangkir Kopi (SKP) saat melakukan santunan dan pembagian takjil.

Sumenep, portalpublik.id – Sudah menjadi kegiatan rutin bagi aliansi kepemudaan yang tergabung dalam Secangkir Kopi (SKP) melakukan santunan dan pembagian takjil di bulan Ramadhan.

Pada bulan penuh berkah tahun ini, SKP fokus melaksanakan kegiatan sosial pada sejumlah lokasi di Kecamatan Rubaru dan Pasongsongan.

Read More

Ketua SKP Kecamatan Pasongsongan Taufiqurrahman mengatakan, apa yang dilakukan pihaknya ini semata-mata untuk saling berbagi dan membantu meringankan masyarakat tidak mampu.

“Kita menjalankan perintah Allah dalam Al Qur’an, menghidupkan sunnah-sunnah Rasul SAW, membantu meringankan beban orang tua/jompo dalam menghadapi kesulitan hidup dan mempererat ukhuwah islamiyah,” kata Taufiqurrahman, Selasa (19/5/2020).

Dalam pelaksanaan dilapangan SKP menyerahkan sepenuhnya pada team survei untuk mencari siapa saja yang berhak mendapatkan santunan tersebut.

“Kami meminta kepada team survei untuk mempresentasikan hasil survei di lapangan pada rapat bersama mengenai lokasi dan keadaan penerima santunan tersebut, supaya tidak salah sasaran,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Taufiq ini berharap, tahun depan aksi sosial bisa kembali dilakukan SKP. Sebab masih banyak warga tidak mampu secara ekonomi yang membutuhkan uluran tangan.

“Tahun depan akan kami tingkatkan lagi, karena di luar sana masih banyak saudara kita yang masih butuh uluran tangan dari kita,” harap Taufiq.

Pendiri SKP Muhammad Rudiyanto menjelaskan, SKP dibentuk dengan tujuan membangun karakter pemuda yang peduli terhadap lingkungan sekitar agar paham arti kehidupan sosial.

“Gerakan SKP tidak hanya sampai disini, akan ada inovasi – inovasi baru yang akan kita persembahkan untuk masyarakat luas, mohon do’a dan dukungannya,” jelasnya

Terpisah Sekretaris Desa Soddara, Kecamatan Pasongsongan Samsul Arifin sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan SKP. Menurutnya aksi sosial seperti ini sangat sulit ditemukan komunitas kepemudaan yang peduli terhadap orang yang tidak mampu.

“Saya sangat setuju sekali dengan kegiatan sosial seperti ini, teruslah berkreasi dan berinovasi untuk kemajuan pemuda, semoga SKP menjadi tauladan terhadap aliansi pemuda lainnya,” terang pemuda yang biasa disapa Encunk ini.

Untuk diketahui, aksi sosial dari SKP kali ini selain bersumber dari patungan anggota juga hasil penyaluran para donatur termasuk kepala desa di Dapil IV Kabupaten Sumenep meliputi Kecamatan Pasongsongan, Ambunten, Dasuk, Rubaru. (Yd/Hem/Fa)