Seorang Pasien PDP di Sumenep Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Ketua Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Andre Dwi Wahyudi

Sumenep, portalpublik.id – Seorang warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19, meninggal dunia, Sabtu (30/5/2020).

Pasien tersebut meninggal dunia di RSUD dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep setelah menjalani perawatan sejak 27 Mei 2020 lalu.

Read More

“Hasil rontgen-nya peradangan paru-paru. Hasil rapid test-nya, waktu awal masuk masih meragukan,” kata Ketua Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 RSUD Dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr Andre Dwi Wahyudi, Sabtu (30/5/2020).

Dijelaskan, saat masuk rumah sakit yang bersangkutan mengalami gejala sesak nafas, batuk, dan demam kemudian ditindaklanjuti dengan rapid test.

Hasil rapid test pertama meragukan, pihaknya melakukan evaluasi dengan pemeriksaan yang lain. Setelah itu dilakukan rapid test ulang dan hasilnya reaktif.

“Hasil rapid test berikutnya reaktif. Swab test belum sempat dikerjakan karena kondisi pasien saat dirawat terus memburuk dan keburu meninggal,” ungkapnya.

Mengenai proses pemulasaran pasien pihaknya menggunakan protokol Covid-19. Dalam hal ini pihak keluarga sudah setuju setelah sebelumnya dijelaskan kronologi dan kemungkinan penyakit yang bersangkutan.

“Alhamdulillah pihak keluarga paham dan setuju menggunakan protokol Covid-19 untuk memutus rantai penyebaran,” tandasnya. (Yd/Hem/Fa).