Sumenep Dapat Kuota 2.183 Formasi CPNS dan PPPK

  • Whatsapp
Kepala BKPSDM Sumenep, Abdul Majid

Sumenep, portalpublik.id – Pemerintah pada tahun 2021 memastikan membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Sesuai jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK dibuka mulai 31 Mei hingga 21 Juni 2021. Sehingga calon pendaftar sudah bisa melakukan persiapan.

Untuk di Kabupaten Sumenep, telah ditentukan sebanyak 2.183 formasi, meliputi CPNS sebanyak 62 formasi dan PPPK 2.121 formasi. Namun rincian kebutuhan masing-masing formasi akan diumumkan 30 Mei 2021 mendatang.

“Pendaftaran mulai akhir Mei tahun ini. Itu sudah menjadi ketentuan dari Pemerintah Pusat,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, Abdul Majid, Rabu (19/5/2021).

Ia menjelaskan, PPPK diperuntukkan bagi kebutuhan guru dan tenaga kesehatan (Perawat). Sedangkan CPNS untuk dokter.

“Itu yang paling banyak untuk guru. Kita formasinya sudah sesuai dengan yang dikeluatkan pusat. Jadi dua ribu lebih formasi itu untuk kebutuhan Sumenep,” paparnya.

Abdul Majid mengatakan, teknis rekrutmen CPNS dan PPPK tahun ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya yakni denhan sistem Computer Asissted Test (CAT). Rekrutmen abdi negara sudah didesain secara ketat.

Lanjut Majid, saat ini persiapan pelaksanaan terus dilakukan termasuk penentuan lokasi tes. Sebab pihaknya memastikam tidak akan menggunakan gedunh Sarana Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan, Kecamatan Batuan seperti tahun sebelumnya karena sekarang menjadi rumah isolasi darurat Covid-19.

“Rencana kita di Uniba kita masih koordinasi, kenapa disana ini dilihat dari sarana prasarannya. Jaringan internet dan komputer dirasa sudah memadai, kalau ditempat lain kita masih harus menyediakan dan itu biaya besar,” pungkasnya, (Yd/Hem/Fa).