Sumenep Kembali Sandang Zona Merah Covid-19

  • Whatsapp
Peta Sebaran Covid-19 Provinsi Jawa Timur.

Sumenep, portalpublik.id – Sebaran virus corona di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur masih terjadi. Akibatnya kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Madura ini kembali masuk kategori status zona merah penyebaran Covid-19.

Humas Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya mengatakan, Sumenep kembali berstatus zona merah karena antara yang terpapar, sembuh dan meninggal mengalami peningkatan cukup signifikan.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah meninggalkan zona kuning kita sekarang kembali zona merah,” kata Ferdiansyah Tetrajaya, Jumat (26/9/2020).

Dijelaskan, status zona merah dimaksud ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Sebelumnya Kabupaten Sumenep sempat berada pada zona kuning sejak pertengahan Agustus 2020 lalu.

“Akhir-akhir ini Sumenep cukup serius dalam menghadapi kondisi ini. Yang jelas ini membutuhkan penanganan bersama,” jelasnya.

Ferdianyah mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Protokol kesehatan yang penting dilakukan paling mendasar ialah memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan sesering mungkin.

“Kita semua harus saling mengingatkan. Penanganan dan pencegahan menjadi tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya.

Saat ini untuk jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sumenep sebanyak 363 kasus, selesai isolasi atau sembuh 304 orang, sementara meninggal dunia sebanyak 23 orang, (Yd/Hem/Fa).