Sumenep Target Bebas Tuberculosis Tahun 2024

  • Whatsapp
Bupati Kabupaten Sumenep, Busyro Karim.

Sumenep, portalpublik.id – Selain Covid-19, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur juga dihadapkan dengan kasus penyakit (Tuberculosis) TBC.

Hingga Oktober 2020, tercatat masih terdapat sekitar 1.500 kasus TBC di Kabupaten Sumenep dan itu masuk dalam target penanganan untuk dituntaskan.

Read More

“Kita punya target tahun 2024 Kabupaten Sumenep bebas TBC. Semoga target ini tahun 2024 dapat tercapai,” kata Bupati Kabupaten Sumenep, Busyro Karim, Selasa (26/10/2020).

Diakui, penanganan TBC menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Daerah, hal ini dikarenakan wilayah Kabupaten Sumenep yang luas dan terdiri dari kepulauan.

“Kita mempunyai beban yang lebih besar dibandingkan daerah lain. Jadi perlu penyampaian dan penanganan yang serius,” ungkapnya.

Lanjut Busyro Karim, agar penanganan TBC dapat tuntas pihaknya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk Kementerian Kesehatan. Dalam hal ini masyarakat diminta ikut terlibat aktif dalam pencegahan penularan.

Sebagai bentuk keseriusan dan komitmen bersama dalam pengentasan penyakit TBC, Pemerintah Kabupaten Sumenep juga telah menggelar deklarasi pencegahan dan penanggulangan TBC, (Yd/Hem/Fa).