Tuntas, Fauzi – Nyai Eva Pemenang Pilkada Sumenep

  • Whatsapp
Proses rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pilbup tingkat kabupaten di Hotel Utami Sumenep.

Sumenep, portalpublik.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur selesai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pilbup tingkat kabupaten, Kamis (17/12/2020).

Dari hasil rekapitulasi, paslon 01 Achmad Fauzi-Hj. Dewi Khalifah (Fauzi-Nyai Eva) memperoleh 319.876 suara sedangkan paslon 02 Fattah Jasin-KH. Ali Fikri (Gus Acing-Mas Kiai) 296.676 suara.

Read More

Ketua KPU Kabupaten Sumenep, A. Warits mengatakan, dalam proses rekapitulasi secara umum berjalan dengan aman dan lancar. Meski ada kendala dalam input beberapa kecamatan hal itu dapat diatasi.

“Alhamdulillah rekapitulasi itu berjalan dengan aman dan lancar,” kata A. Warits, Kamis (17/12/2020).

Ia menjelaskan, penghitungan secara manual pada tingkat KPU Kabupaten Sumenep yang meliputi 27 kecamatan dilakukan selama dua hari. Yakni mulai tanggal 16 hingga 17 Desember 2020.

“Kita lakukan rekapitulasi selama dua hari. Itu waktu yang kami jadwalkan dalam rekapitulasi tingkat kabupaten,” jelasnya.

Warits mengatakan, selanjutkan KPU masih harus menunggu surat keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) untuk tahapan penetapan calon.

“Proses berikutnya kita menunggu surat dari MK apakah ada atau tidaknya paslon yang menggugat hasil suara,” ucap Warits.

Proses rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pilbup tingkat kabupaten dilaksanakan di Hotel Utami Sumenep dengan penerapan protokol kesehatan ketat, (Yd/Hem/Fa).