Unik, Warga di Sumenep Upacara HUT RI di Sungai

  • Whatsapp
Puluhan warga desa Pabian saat melaksanakan upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia di Sungai

Sumenep, portalpublik.id – Puluhan warga Desa Pabian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melaksanakan upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia secara unik.

Jika biasanya upacara bendera dilakukan di tanah lapang, warga Pabian memilih menggelar di Kali Marengan. Dengan pakaian seragam setiap rangkaian upacara berjalan dengan hikmat.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Pabian Zulfikar Ali Mustakim mengatakan, upacara bendera sengaja dilaksanakan di sungai setempat untuk menyingatkan kembali masyarakat terharap perjuangan para pahlawan meraih kemerdekaan.

“Ini bentuk bagaimana kita mengingat perjuangan pendahulu kita para pahlawan untuk kemerdekaan Indonesia,” kata Zulfikar Ali Mustakim, Senin (17/8/2020).

Diakui, upaca bendera di sungai memang rutin dilakukan masyarakat Desa Pabian setiap 17 Agustus. Selain untuk mengenang jasa pahlawan juga sebagai sarana sosialisasi menjaga lingkungan.

Lanjut Zulfikar, karena sekarang masih pandemi virus corona maka seluruh peserta upacara atau masyarakat yang hadir wajib memakai masker.

“Setiap tahun kita gelar disini (Sungai). Kalau protokol kesehatan karena sekarang ada Covid-19 jadi semua kita wajibkan pakai masker,” paparnya.

Ia berpesan pada HUT ke-75 Republik Indonesia dapat memupuk serta meningkatkan rasa cinta kepada bangsa dan negara.

“Kita mengajak semua lapisan masyarakat untuk menjaga apa yang telah diwariskan. Jangan ada perpecahan semuanya harus rukun berdampingan,” imbau Zulfikar, (Yd/Hem/Fa).