Bantuan Sosial Tunai Sasar Puluhan Ribu Warga Sumenep

  • Whatsapp
Bupati Kabupaten Sumenep, Busyro Karim saat Launching Bantuan Sosial Tunai (BST).

Sumenep, portalpublik.id – Pemerintah Kabupaten Sumenep mulai mencairkan Bantuan Sosial Tunai (BST) keluarga miskin dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Launching pencairan BST yang merupakan program Kementerian Sosial RI itu dilakukan tanggal di kantor POS Sumenep, Senin (11/5/2020).

Bacaan Lainnya

“Bantuan sosial ini untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga sehari-hari di tengah masa pendemi Covid-19, jangan menggunakannya untuk keperluan yang tidak penting atau tidak perlu,” kata Bupati Kabupaten Sumenep Busyro Karim, Senin (11/5/2020).

Bupati menekankan, BST harus digunakan secara baik oleh penerima manfaat karena bantuan dari Pemerintah Pusat itu untuk meringankan beban masyatakat terdampak pandemi Covid-19.

“Dalam prosesnya kita melakukan berbagai langkah dengan melibatkan pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten. Jadi kita punya data yang tentu kita kroscek,” tegasnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep Mohammad Iksan menjelaskan, di daerahnya jumlah penerima bantuan yang diusulkan mencapai 65.859 keluarga penerima manfaat.

“Ada 36.403 KPM melalui POS, kemudian Bank BNI sebanyak 2.300, Bank BRI sebanyak 821 KPM, Bank Mandiri sebanyak 154 KPM dan Bank BTN sebanyak 19 KPM. Jumlahnya terus ada pergerakan hingga nanti mencapai 65.859,” jelas Mohammad Iksan.

Setiap penerima manfaat nantinya akan mendapat bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan, mulai dari Mei, Juni dan Juli 2020.

“Kalau yang daerah tidak ada Bank nanti ada petugas dari POS yang ke lokasi. Karena ini cairnya bertahap,” imbuhnya.

Dalam realisasi pencairan BST, pemerintah menggandeng sejumlah pihak dalam penyaluran kepada penerima manfaat. Diantaranya POS, BNI, BRI, Bank Mandiri dan BTN. (Yd/Hem/Fa)