Bupati Sumenep Buka Pelatihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

  • Whatsapp
Bupati Sumenep, A. Busyro Karim saat Membuka Acara Pelatihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

Sumenep (11/2/2020) Portalpublik.id – Bupati Sumenep A. Busyro Karim membuka acara sosialisasi pembentukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD di lantai dua Hotel Utami Jl. Trunojoyo Desa Kolor, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pelatihan ini di lakukan selama tiga hari (11- 13 Februari/2020) untuk meningkatkan pengetahuan, memahami fungsi dan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan Desa dalam upaya meningkatkatkan partisipasi, dalam menyusun rencana selanjutnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Bupati A. Busyro Karim mengatakan pada hakikatnya sistem Pemerintahan Desa berjalan dengan baik jika masyarakat diberi ruang untuk masuk dalam sistem tersebut dan memberikan warna melalui BPD.

” ini perlunya diadakan sosialisasi, supaya Desa semakin kuat, mandiri, maju dan semakin demokrasi,” ungkapnya.

” serapan dari tokoh tokoh masuk di APBDes, bisa di laksanakan oleh eksekutif Desa, dan ketika di laksanakan, disitu ada pengawasan BPD,” tambahnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Moh. Ramli menjelaskan Acara pelatihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di ikuti 328 Desa, dengan di bagi tiga tingkatan.

” tingkatan pertama dan kedua sebanyak 110 Desa, dan tingkatan ketiga sebanyak 108 Desa,” ungkapnya.

Adapun Narasumber yang didatangkan dalam acara ini, dari beberapa instansi diantaranya, Dinas DPMD, Inspektorat Kabupaten Sumenep, dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Sumenep.

” Metode yang diterapkan mulai dari pemaparan, tanya jawab dan Diskusi,” pungkasnya (Wd/hem/ofa).