Cegah Covid-19, Wartawan di Pemekasan Jalani Rapid Test

  • Whatsapp
Rapid test gratis untuk awak media.

Pamekasan, portalpublik.id – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur memfasilitasi rapid test massal untuk awak media sebagai pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19, Jumat (12/6/2020).

Rapid test gratis dilakukan setelah diketahui ada salah seorang wartawan yang bertugas di Kabupaten Pamekasan meninggal dunia dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19.

Read More

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, dr. Nanang Suyitno mengatakan, rapid test itu sebagai upaya pencegahan virus Corona.

“Syaratnya menunjukkan ID Card setelah itu baru kami lakukan tes,” terang dr. Nanang Suyitno, Jumat (12/6/2020).

Pemeriksaan kesehatan awak media berkaitan dengan pencegahan Covid-19 tersebut merupakan usulan Bupati Kabupaten Pamekasan dan langsung ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan.

Menurut dr. Nanang, dengan rapid tes itu para jurnalis bisa mengetahui kondisi kesehatannya dan dapat segera diantisipasi jika ada yang reaktif.

“Kalau ada yang reaktif, kita lanjutkan dengan swab test agar cepat diadakan pencegahan,” imbuhnya.

Hasib salah seorang wartawan yang bertugas di Kabupaten Pamekasan menilai, langkah yang dilakukan Pemerintah Daerah perlu diapresiasi. Sebab wartawan selalu melakukan kontak langsung dengan narasumber dalam menjalankan tugas jurnalis.

“Saya harap yang lain juga mengikuti kalau perlu dijadikan syarat sebelum wawancara ke narasumber, karena bagaimanapun kita harus jadi garda terdepan dalam pencegahan covid-19,” ungkap Hasib.

Pelaksanaan rapid test yang bertempat pada salah satu gedung serbaguna di Kabupaten Pamekasan kali ini diikuti sekitar 21 orang wartawan dari berbagai media. Hasilnya, seorang juru warta dinyatakan reaktif, (Endang/Hem/Fa).