Dampak Covid-19 Pilkada Serentak Di Tunda

  • Whatsapp
Rafiki Tanzil, Komisioner KPU Kabupaten Sumenep.

Sumenep (31/3/2020) Portalpublik.id – Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak pada tahapan Pilkada serentak 2020, pelaksanaannyapun resmi ditunda.

Penundaan pelaksaan Pilkada serentak ini dilakukan demi keselamatan masyarakat umum, dan juga mencegah penyebaran virus corona (covid 19), tak terkecuali Pilkada Sumenep.

Read More

Hal tersebut di sampaikan oleh Komisioner KPU Sumenep Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Rafiqi Tanzil. Menurut Tanzil, pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta tahapan tahapan resmi di tunda, berdasar hasil dari dengar pendapat antara KPU RI, Bawaslu RI, Kemendagri, dan DKPP, beserta Komisi II DPR RI, yang sepakat menunda tahapan pelaksanaan Pemilu yang rencananya akan di laksanakan tahun ini.

” Tahapan Pilbup sudah sejak beberapa waktu lalu di tunda, dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di nonaktifkan sejak di lantik beberapa waktu lalu pertanggal 30 Maret 2020 ” ungkapnya.

Selain masa kerja PPS, masa kerja Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Kesekretariatan PPK juga di tunda, sebagaimana tertuang dalam SK KPU Sumenep nomer 116/PL.02.1-kpt/3529/Kpu-Kab/III/2020, tentang penundaan tahapan pilkada Sumenep Tahun 2020.

” Masa kerja semua tenaga adhock, PPK dan sekretariat PPK juga ikut ditunda ” kata Rafiqi Tanzil.

” Nanti tinggal melanjutkan dari yang sudah selesai, yaitu rekrutmen tenaga adhock, kita tinggal mengaktifkan kembali masa kerjanya, dan tidak akan melakukan rekrutmen ulang yang di nonaktifkan masa kerjanya,” pungkasnya, (Wd/Hem/Fa).