Forkopimda Sidak Protokol Kesehatan, Banyak Warga Tak Pakai Masker

  • Whatsapp
Bupati Sumenep, Busyro Karim saat melakukan Sidak kesejumlah pasar tradisional dan pertokoan.

Sumenep, portalpublik.id – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sumenep melakukan inspeksi mendadak (Sidak) mengenai penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, Jumat (22/5/2020).

Sidak yang dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri ini diantaranya dengan menyasar sejumlah pasar tradisional dan pertokoan yang berada di wilayah Kecamatan Kota.

Bacaan Lainnya

Bupati Kabupaten Sumenep Busyro Karim mengatakan, temuan dilapangan masih ada warga yang tidak memakai masker. Padahal memakai masker menjadi keharusan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

” Ada pedagang yang tidak memakai masker meski mereka punya. Alasannya ribet kalau pakai masker. Jadi langkah sidak seperti ini harus terus dilakukan ” kata Busyro Karim usai sidak di Pasar Anom Baru, Jumat (22/5/2020).

Lanjut Busyro Karim, dengan kondisi dilapangan sidak harus lebih sering dilakukan. Sehingga kesadaran masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus Corona dapat lebih maksimal.

“Sidak seperti ini harus terus dilakukan sehingga kita semua dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Sementara salah seorang pedagang di Pasar Anom Baru, Atiyatul Walidah tidak menampik jika masih ada warga yang tidak memakai makser saat kepasar.

” Ada yang tidak pakai masker. Kalau saya pakai masker terus takut tertular Corona. Saya juga siapkan hand sanitizer ” ucap Atiyatul Walidah.

Rendahnya kesadaran pengunjung pasar dalam pencegahan COVID-19 menjadi kekhawatiran bagi pedagang.

” Kalau pengunjung ada yang tidak memakai masker. Mungkin mereka kurang peduli dan tidak peka dengan ancaman Corona ” pungkasnya.

Selain melakukan sidak terhadap sejumlah pusat keramaian, Forkopimda juga membagikan ribuan masker kepada masyarakat. Tujuannya untuk meningkatkan protokol kesehatan antisipasi pencegahan COVID-19, (Yd/Hem/Fa).