Gubernur Jatim Salurkan Ribuan Paket Sembako dan Logistik Kesehatan untuk Warga Kepulauan Sumenep

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa.

Sumenep, portalpublik.id – Wilayah kepulauan Kabupaten Sumenep menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur turun langsung menyalurkan bantuan ke Kecamatan/Pulau Raas, Sabtu (02/05/2020).

Read More

“Kami memberikan bantuan kepada masyarakat di wilayah kepulauan Kabupaten Sumenep, karena dampak wabah virus Corona tidak hanya masyarakat wilayah kota semata, namun juga di pedesaan termasuk di kepulauan,” kata Khofifah Indar Parawansa.

Bantuan yang disalurkan tersebut meliputi sembako dan logistik kesehatan yang nantinya disebar kepada masyarakat.

Selain di Kecamatan/Pulau Raas bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini juga menyasar wilayah lain, diantaranya Pulau Kangean dan Sapeken.

“Sementara penyaluran bantuan untuk kecamatan lainnya seperti Sapeken menyesuaikan dengan jadwal kapal patroli laut,” jelasnya.

Ditengah pandemi virus Corona Gubernur Jatim juga mengajak masyarakat bersama-sama membaca Sholawat Thibil Qulub dan tetap mengikuti anjuran Pemerintah dalam menjaga pola hidup sehat agar Covid-19 cepat berakhir.

“Mudah-mudahan wabah Covid-19 segera tertangani dan seluruh wilayah Indonesia sehingga aman dan bebas dari virus itu,” harapnya.

Sementara Bupati Kabupaten Sumenep Busyro Karim menyampaikan berterima kasih dan mengapresiasi kepedulian Gubernur bersama Forkopimda Jatim kepada masyarakat di kepulauan.

Diakui, akibat pandemi Covid-19 banyak masyarakat kepulauan Kabupaten Sumenep seperti asal Pulau Raas yang memilih pulang kampung.

“Dampak wabah Covid-19 terasa bagi masyarakat utamanya mereka yang bekerja di luar daerah dan harus pulang kampung, sehingga mereka tidak mempunyai penghasilan yang benar-benar membutuhkan bantuan,” ungkap Busyro Karim.

Penyaluran bantuan dari Pemerintah Provinsi Jatim pada Sabtu (02/05/2020) meliputi sembako 4.000 paket, masker 6.000 pcs, sarung tangan 800 pcs, cairan disinfektan 160 liter dan alkohol 240 liter. Selain itu alat rapid test 240 pcs, face shield 160 pcs, hand sanitizer 400 liter, baju hazmat 800 pcs, thermometer gun 60 pcs, sprayer 75 pcs dan kacamata safety 160 pcs, (Yd/Hem/Fa).