Pemilihan BPD Serentak Di Sumenep Pemkab Minta Dilakukan Transparan.

  • Whatsapp
Moh. Ramli, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Sumenep (21/2/2020) Portalpublik.id – Sejumlah Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur, sudah memasuki masa purna.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Moh. Ramli mengatakan sudah saatnya Desa membentuk kepanitaan pembentukan BPD berikut dengan tahapan-tahapannya, secara transparan.

Bacaan Lainnya

” Pemilihan BPD di mulai dengan pembentukan panitia yang di bentuk oleh kepala Desa, dan dilakukan tahapan-tahapan dengan transparan ” ungkapnya.

Menurut Ramli l, sayarat untuk menjadi Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tidak jauh berbeda dengan tahapan Pemilihan Kepala Desa, yakni panitia wajib mengumumkan kepada warga untuk mendaftar sebagai calon Anggota BPD, bagi yang berkeinginan, harus ada keterwakilan perempuan.

” Ada hal khusus di dalam pembentukan Anggota BPD, yakni jumlahnya sudah di atur sesuai jumlah penduduk, kurang dari dua ribu itu lima orang, antara dua ribu dan tiga ribu, lebih tiga ribu sembilan orang, dan harus ada keterwakilan perempuan ” tambahnya.

Dalam Pemilihan BPD, menurut Ramli, teknisnya ada dua macam yaitu secara musyarawarah mufakat, atau ketika tidak tercapai musawarah mufakat maka di lakukan pemungutan suara.

Berikut tahapan Pemilihan BPD secara serentak :

1. Pembentukan Panitia.

2. Penjaringan Bakal Calon.

3. Penelitian Berkas.

4. Pengundian dan Penetapan Calon.

5. Penetapan dan Pengumuman Calon.

6. Penetapan Peserta Musyawarah.

7. Pemungutan Suara.

8. Penetapan Anggota BPD.

9. Panitia nelaporkan hasil Pemilihan Anggota BPD ke Kepala Desa, untuk diteruskan ke Bupati melalui Camat. (Wd/Rahem/Ofa)