Pemkab Sumenep Arahkan Pemudik Lakukan Isolasi Mandiri

  • Whatsapp
Edy Rasiadi, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Sumenep

Sumenep, portalpublik.id : Dampak pandemi Corona banyak masyarakat Kabupaten Sumenep yang merantau keluar daerah maupun luar negeri memilih pulang kampung.

Tingginya animo warga yang merantau kembali ke Kabupaten Sumenep menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Daerah. Hal ini berkaitan dengan upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Read More

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep Edy Rasiadi menyatakan, agar kasus Corona tidak menyebar di daerahnya, seluruh kecamatan dan desa serta seluruh perangkat dibawahnya untuk memantau warga yang baru datang merantau.

“Kita sudah buat Surat Edaran kepada Camat termasuk desa berkaitan dengan penanggulangan Corona. Termasuk pengawasan pada masing-masing tempat,” kata Edy Rasiadi, Rabu (1/4/2020).

Lanjut Edy Rasiadi, dalam Surat Edaran itu juga mengarahkan warga yang datang khususnya dari zona merah Covid-19 agar melakukam isolasi mandiri.

“Bisa dari tingkat RT, RW dan Dusun ini mengarahkan agar melakukan isolasi mandiri. Jika ada warga dengan gejala agar perangkat melakukan koordinasi dengan Puskesmas sekitar,” jelasnya.

Untuk tingkat kabupaten, Pemerintah Daerah juga terus memonitor dengan mengandeng sejumlah unsur seperti TNI dan Polri. Sehingga antisipasi berkaitan dengan Corona dapat terlaksana dengan maksimal.

Ia menyatakan, hal yang paling penting dari semua langkah pencegahan oleh Pemerintah ialah adanya peran aktif dari masyarakat. Seluruh lapisan masyarakat harus mentaati setiap ketentuan yang ada. Mulai dengan menjaga pola hidup sehat hingga menjaga jarak dalam bersosialisasi.

“Yang terpenting masyarakat harus ikut mendukung apa yang dilakukan Pemerintah. Pemerintah berupaya semaksimal mungkin agar di Sumenep tidak ada kasus Corona,” tegas Edy Rasiadi.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep
Tanggal 1 April 2020 Pukul 07:00 WIB:
Orang Dalam Pemantauan (ODP): 53 orang
Pasien Dalam Pengawasan (PDP): 0
Kasus Konfirmasi Covid-19 : 0, (Yd/Hem/Fa).