Sekda Abdya Tekankan Desa Aktif Cegah Covid-19

  • Whatsapp
Sekda Abdya, Drs. Thamrin

Abdya, portalpublik.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Drs. Thamrin mengimbau kepada seluruh Kepala Desa untuk berperan aktif mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) yang ada.

” Demi mencegah penyebaran Corona Virus Disease, Dana Desa boleh digunakan untuk penanganan dan pencegahan wabah ini yang telah ditentukan persentase penggunaannya. Untuk itu, saya meminta setiap Kepala Desa bisa mengalokasikan Dana Desa dalam upaya pencegahan wabah ini ” kata Thamrin, Jum’at (10/4/2020).

Read More

Menurutnya, penggunaan Dana Desa untuk penanganan Covid-19 tersebut sudah mendapat restu dari Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal, karena saat ini penanganan virus mematikan itu menjadi program prioritas.

Disebutkan Sekda, salah satu langkah penanganan yang harus dilakukan Desa antara lain dengan menyediakan berbagai fasilitas dan sarana pencegaan di tempat
umum seperti Masjid, Dayah, dan Sekretariat atau Balai Desa.

“ Khususnya di Abdya kita belum menerima Surat Edaran dari pihak MPU untuk mengosongkan masjid- masjid dan tempat ibadah lainnya, maka dari itu Desa harus menyediakan fasilitas pencegahan baik itu sarana cuci tangan, hand sanitizer, bila perlu alat pengukur suhu tubuh bagi pengunjung masjid ” Jelasnya.

Thamrin juga mengimbau kepada masyarakat untuk sadar diri untuk menjaga pola hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, dan rutin berolahraga.

” Selain itu Masyarakat harus aktif melaporkan dan periksakan diri kepada petugas yang ada di wilayah masing-masing apabila datang bepergian terutama keluar kota ” pungkasnya, (Robby/Hem/Fa).