Sumenep Dapat Bantuan Alat PCR dari BNPB

  • Whatsapp
Bantuan Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sumenep, portalpublik.id – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mendapatkan Bantuan Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

PCR tersebut nantinya diperuntukkan sebagai alat penguji sampel pasien Covid-19. Sehingga dapat lebih cepat karena uji sampel dilakukan di Daerah.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi mengatakan, alat tersebut saat ini sudah diterima dan untuk sementara ditempatkan di RSUD dr. H. Moh. Anwar.

“Sudah kita terima. Kita dapat bantuan dari BNPB,” kata Edy Rasiyadi, Rabu (23/9/2020).

Meski alat PCR sudah diterima Pemerintah Daerah, menurut Edy Rasiyadi, belum dapat digunakan karena sarana prasarana penunjang lainnya seperti tempat atau ruangan belum siap.

“Sejauh ini PCR belum dapat dimanfaatkan karena sarana prasarana pendukung belum siap. kita masih mencari pelaksana untuk bisa menyiapkan ruangan itu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, sesuai aturan Kementerian Kesehatan tempat untuk PCR harus sesuai standart dan dioperasikan oleh SDM yang terlatih.

Diharapkan, alat PCR dimaksud dapat mempercepat menditeksi dan mengetahui hasil tes swab. Sehingga penanganan dan pengendalian virus corona lebih maksimal, (Yd/Hem/Fa).