Sumenep Klaim Belum Ada Transmisi Lokal Virus Corona

  • Whatsapp
Bupati Sumenep, Busyro Karim.

Sumenep, portalpublik.id : Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengklaim belum ada transmisi lokal atau penularan di dalam wilayah meski telah terdapat enam kasus positif virus Corona atau COVID-19.

Bupati Kabupaten Sumenep Busyro Karim menyatakan, pasien positif Corona di Sumenep semuanya terpapar di luar daerah.

Bacaan Lainnya

“Semuanya ini yang positif Corona terjangkit di luar daerah dan kemudian pulang ke Sumenep,” ucap Busyro Karim, Senin (18/5/2020).

Disebutkan, pasien tersebut terinfeksi dengan riwayat perjalanan mengikuti pelatihan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) serta ada yang bekerja di Surabaya.

“Seperti pasien 01 sampai 04 itu terpapar saat mengikuti pelatihan di Surabaya. Termasuk yang 06 ini dia bekerja dan menetap di Surabaya,” jelasnya.

Belum adanya transmisi lokal, lanjut Bupati menandakan bahwa Pemerintah Daerah bersama banyak pihak masih bisa mengontrol persoalan COVID-19.

Kedepan langkah memutus mata rantai penyebaran virus Corona akan ditingkatkan melalui pengawasan dan diteksi dini.

“Kita dari awal sudah melakukan pencegahan. Semua pihak terlibat langsung dalam pencegahan,” ungkap Busyro Karim.

Untuk diketahui, kasus positif COVID-19 di Kabupaten Sumenep hingga tanggal 18 Mei 2020 tercatat ada lima pasien, setelah satu diantaranya dinyatakan sembuh pada tanggal 15 Mei lalu.

Lima pasien positif COVID-19 tersebut sekarang masih menjalani karantina dan perawatan di RSUD dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep. (Yd/Hem/Fa)