Besarkan TRC PA, Kornas TRC PA Bentuk Korwil Kaltim

  • Whatsapp
Rina Zainun sebagai ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Kalimantan Timur.

JAKARTA, portalpublik.id – Demi pengembangan Tim Reaksi Cepat  Perlindungan Anak (TRC PA), Koordinator Nasional (Kornas) TRC PA, Rusmini Supriadi yang sedang fokus untuk pengembangan TRC PA di seluruh Nusantara menunjuk Rina Zainun sebagai ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Kalimantan Timur sesuai dengan SK yang telah di terima untuk membentuk korda – korda di seluruh Kaltim.

Momen yang bertepatan dengan upaya  Kornas TRC PA telah melakukan restrukturisasi baik pengurus di tingkat Nasional, Wilayah maupun Daerah.

Rina menyampaikan, sebelum tergabung di Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak (TRC PA) ia adalah aktivis yang perduli terhadap anak – anak yang berhadapan dengan hukum sejak tujuh tahun silam.

Bahkan Rina mengaku sempat bergabung di KPAI Daerah Kota Samarinda sebagai wakil sekretaris.

“Selama di KPAI untuk kerjasama dengan pemerintah itu sangat susah, selama ini saya kerja mengatasnamakan Lembaga (KPAI) namun segalanya saya biaya sendiri,” terangnya.

Ia mengaku bersyukur bisa mendapat kepercayaan untuk bergabung di TRC PA, mengingat di Kaltim masih banyak anak – anak yang berhadapan hukum, bahkan kata dia, dalam kurun waktu 2019 ini, ada 324 kasus yang melibatkan anak.

“Sekarang saya bisa tergabung di TRC PA, untuk itu saya akan berusaha untuk bisa melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap anak – anak,” tuturnya.

Ia berharap, dengan bergabungnya di TRC PA, kedepan bisa meningkatkan kesejahteraan anak – anak meski dengan keterbatasan pendidikan.

“Kebetulan saya juga ketua aktivis kepemudaan di Kaltim, saya akan segera bentuk Korda – Korda di Kaltim,” terang Rina.

Sementara Koordinator Nasional (Kornas) TRC PA, Rusmini Supriadi saat dihubungi melalui WhatsApp, membenarkan bahwa pihaknya sudah memberikan mandat seluas – luasnya kepada Rina Zainun untuk mengembangkan program TRC PA.

“TRC PA tidak hanya mengawal kasus anak, program TRC PA juga preventif dan edukatif dengan tetap mengedepankan Koordinasi,” tegas aktivis yang akrab disapa Bunda Naumi itu.(Red)