Peringati hari pohon sedunia, KPMM dan Pokmaswas Empu Kelleng Bluto Tanaman 1000 Bibit Mangrove

  • Whatsapp
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, saat menanam bibit mangrove.

SUMENEP, portalpublik.id – Peringati hari pohon sedunia, Kelompok Peduli Mangrove Madura (KPMM) dan Pokmaswas Empu Kelleng Bluto lakukan penanaman 1000 bibit mangrove, Minggu, 1 Desember 2019.

Penanaman 1000 bibit mangrove yang juga merupakan dalam rangka memperingati hari KPMM yang pertama tersebut dilakukan di pesisir Libiliyan, Desa Aeng Dake, Kecamatan Bluto, Sumenep, Jawa Timur.

Read More

Pada kegiatan tersebut, terlihat hadir, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, sejumlah anak – anak pramuka serta masyarakat setempat.

“Penanaman 1000 bibit mangrove ini dalam rangka memperingati hari pohon sedunia, serta memperingati Kelompok Peduli Mangrove Madura(KPMM), selain itu kita juga bertujuan untuk kembali melestarikan lingkungan di sekitar kita, terutama di wilayah pesisir”, Kata Endang Tri Wahyurini, Ketua KPMM.

Menurutnya, jika tanaman mangrove terjaga maka ekosistem yang lain ikut terjaga, seperti halnya terumbu karang dan ikan yang ada di wilayah tersebut.

Ia juga menjelaskan, manfaat tanaman mangrove tak hanya untuk lingkungan, akan tetapi secara ekonomi juga penting, seperti jenis bibit mangrove yang ditanam di Pesisir Libiliyan yakni menggunakan bibit jenis rhizopora stylosa, yang buahnya dapat diolah menjadi Kopi, Teh, dan Madu.

Sementara, Achmad Fauzi, Wakil Bupati Sumenep sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Kelompok Peduli Mangrove Madura, karena telah peduli terhadap lingkungan di Kabupaten Sumenep.

“Hutan mangrove ini sangat penting sekali, karena biota laut sangat membutuhkan kehadiran hutan mangrove ini. Dengan ini kami berharap agar semua pihak dapat menjaga bersama – sama, karena terkadang masih ada pihak – pihak yang merusak lingkungan untuk kepentingan pribadi ataupun komersial”, Ujar orang nomor dua di Sumenep itu.(Rh)