Tenggelamnya Keraton Surabaya Dalam Pusara Sejarah

  • Whatsapp
Bangunan bersejarah peninggalan Kraton Surabaya.

Surabaya, 15/01/2020 portalpublik.id – Surabaya adalah salah satu kota tua di Jawa Timur. Kota ini dikenal sebagai Kota Palawan. Berdiri sejak Tahun 1293 Kota kelahiran Pahlawan Bung Tomo ini menyisakan kisah dan peninggalan sejarah, yaitu Keraton Surabaya.

Terletak di Jalan Penghela, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya. Berdiri sebuah bangunan menyerupai pintu gerbang warna putih, oleh masyarakat setempat, pintu itu disebut sebagai pintu gerbang Keraton Surabaya.

Johan Silas salah-seorang Sejarawan memaparkan beberapa bukti sejarah yang menunjukkan keberadaan Keraton Surabaya ini. Ia menjelasakan pernah ada seorang pendeta yang berkunjung ke Keraton Surabaya.

“Peristiwa Pendeta Vallentijn pernah singgah ke Keraton Surabaya sudah ada buku aslinya dan dikutip di buku Oud Soerabaia oleh Von Faber,” paparnya.

Bukti lain yang disampaikan adalah surat milik Herman Willem Daendels sekitar tahun 1935. Dalam surat itu dikatakan, Daendels tidak senang bila ada tamu yang diterima di Keraton Surabaya. Akhirnya, Daendels pun memusnahkan keraton tersebut dan menggantinya dengan bangunan lain.

“Ada surat yang menyatakan Daendels meminta uang pada kerajaan Belanda. Suratnya masih tersimpan di Perancis,” ujar Johan Silas.

Selain itu, terdapat pula catatan seorang teman Adipati yang datang ke Keraton Surabaya menggunakan gajah. Dari beberapa bukti sejarah tersebut, Johan Silas menyatakan bahwa Keraton Surabaya benar adaya. (Ifud/Rahem/Ofa)